Beberapa Nasihat Untuk Orang Tua

Tidak gampang untuk menanamkan firman Allah dalam hati anak-anak kita, sedikit demi sedikit hari lepas hari, sampai sikap dan watak mereka dibentuk dalam rupa Kristus, tetapi dengan pertolongan Allah, orang tua harus mencari jalan untuk melakukannya.

Anak Prayer

Tidak gampang untuk mengambil waktu dari kehidupan kita yang sangat sibuk untuk berdoa bersama bahwa Allah akan melaksanakan kehendakNya dengan setiap anggota keluarga. Orang tua yang mengasihi keluarganya akan menjadwalkan waktu untuk hal itu. Tidak gampang untuk membawa setiap keputusan keluarga kepada Allah di dalam doa supaya kehendakNya dilakukan melalui kita, tetapi orang Kristen akan memastikan agar itu dilakukan.

Tidak gampang, pada saat sekeliling kita, rumah-rumah tangga sedang kacau oleh perpecahan, ketidaksetiaan, dan perceraian, untuk mengembangkan ikatan kasih dan kesetiaan yang makin lama makin kuat di bahwa kehadiran Allah yang mempersatukan, tetapi orang tua harus memastikan agar hal itu dilakukan.

Tidak gampang, pada saat dunia memanggil kita dari banyak sudut kepada banyak sekali macam kehidupan yang tidak baik untuk dengan berani mengatakan, “Dalam rumah kami, kami telah memilih untuk mengikut jalan Tuhan,” tetapi ingat, hanya jalan Tuhan yang menuju ke sorga.

Tidak gampang untuk kita untuk menciptakan kebersamaan di dalam rumah, di tempat kerja, di tempat bermain, di tempat ibadah, dan dalam setiap kegiatan untuk mengenal kasih dan sukacita yang berlimpah- limpah, tetapi upah melampaui tenaga untuk melakukannya.

Tidak gampang untuk mengambil waktu setiap hari di mana semua anggota keluarga dipanggil untuk berkumpul bersama untuk sembahyang keluarga (membaca Kitab Suci, bernyanyi, berdoa), tetapi itulah bagian dari pendidikan, bimbingan, dan pengasuhan yang diwajibkan untuk membentuk rupa Kristus dalam watak anakmu.

Orang tua mempunyai tanggung jawab yang pertama dan utama dalam pengasuhan dan pengajaran anak-anak mereka. Tanggung jawab itu luar biasa! Semua orang bisa menggunakan semua pertolongan yang tersedia, tetapi orang tua seringkali lupa beberapa pertolongan yang baik yang tersedia.

Sambil orang tua menggunakan semua ketrampilannya dalam doa untuk mengajar dan mengasuh anak-anak, usaha-usaha mereka bisa digandakan dengan memastikan agar anak-anak mereka terlibat dalam kelas-kelas Alkitab atau kegiatan-kegiatan rohani lain. Pengajaran dan pengasuhan orang tua akan ditanamkan dan dikuatkan kalau anak-anak dengar dari guru Alkitab hal-hal yang sudah diajar di rumah.

Orang tua, tolong memikirkan hal ini dengan serius dan dalam doa, karena kita sedang mengajar anak-anak kita untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan kekal!

Pelajaran ini diambil dari majalah rohani The Voice of Truth International [Suara Kebenaran Internasional] Vol. 2, dengan judul asli: “Some Help for Parents.” Halaman 80-81 Diterjemahkan oleh David Buskirk.

Photo Credit: http://www.seattlequest.org/cm/wp-content/uploads/2012/04/Prayer-Time-1.jpg